Naliatul Muna

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Taman Rekreasi Sengkaling & Sengkaling Kuliner

June 17th, 2016 by Naliatul Muna

Pemandian dan taman rekreasi sengkaling merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang sudah berdiri sejak lama dan menjadi primadona wisata Malang terutama sebelum munculnya lokasi-lokasi baru. Tempatnya yang berada dekat dengan pusat kota juga menjadi faktor yang membuat taman rekreasi sengkaling menjadi pilihan yang cukup menyenangkan bagi mereka yang ingin meluangkan waktu liburan. Ragam jenis objek rekreasi bisa dinikmati disini dari yang utama adalah pemandian/kolam renang yang sekarang sudah dikembangkan dengan menambah ragam permainan airnya, ada juga taman margasatwa dengan aneka jenis satwa menarik untuk dilihat maupun difoto.

25

Dari sejarah taman rekreasi sengkaling, yang dulunya terbatas hanya untuk karyawan Bentoel Group, sampai akhirnya dibuka untuk umum sampai sekarang yang diambil alih oleh UMM yang memberikan inovasi dan pengembangan untuk memanjakan para pengunjung. Luas keseluruhan Sengkaling sekitar 9 hektar dan 6 hektar diantaranya berupa taman dan pepohonan yang menyejukkan. Taman Rekreasi Sengkaling dibuka setiap hari, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Hal ini dimaksudkan untuk memberi keleluasan kepada masyarakat yang akan melakukan rekreasi sekaligus bersantai bersama keluarga. Taman ini juga memiliki fasilitas berupa aula Bougenville Room yang dapat disewa untuk mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara lainnya.

Taman rekreasi sengkaling ini terletak di Jl. Raya Mulyoagung No.188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang yang berjarak sekitar 10km dari pusat kota Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada ditepi jalan raya yang menghubungkan antara kota Malang dan Kota Batu sehingga sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Sekitar 2-3 tahun yang lalu Taman Rekreasi Sengkaling mengalami perubahan. Lahan kosong yang masih ada disulap menjadi semacam food court yang biasa disebut Sengkaling Food Festival (SFF). Konsep penggabungan Wisata Kuliner dengan Taman Rekreasi, didukung pengaturan Site Plan, Desain Gedung, Penataan Outlet dan Lighting System yang mumpuni yang akan memberikan kesan sensasional yang tak terlupakan. Ini menjadikan Sengkaling Food Festival menjadi ikon wisata di Malang. SFF ini juga merupakan pusat kuliner terbesar di Jawa Timur.

26

.

.

.

.

.

http://www.umm.ac.id/id/page/06060114/taman-rekreasi-sengkaling.html

http://wisatamalang.info/pemandian-taman-rekreasi-sengkaling/

https://theresiayula.wordpress.com/2016/06/03/deskripsi-tr-sengkaling-dan-sekul-atau-sengkaling-kuliner/

Posted in Uncategorized

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.