Naliatul Muna

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Fisioterapi

June 17th, 2016 by Naliatul Muna

Fisioterapi pertama dilakukan oleh dokter seperti Hypocrates (pemijatan) dan Hector(terapi menggunakan air) pada masyarakat pada zaman 460 SM. Seiring berjalannya waktu fisioterapi telah dikenal oleh banyak Negara, salah satunya yaitu Indonesia.

Pengertian fisioterapi sendiri adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian penilaian, diagnosis, perlakuan, dan aktivitas pencegahan. Tujuan dari dilakukannya fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampaknya.

Beberapa kondisi pasien yang bisa dibantu dengan perawatan fisioterapi dibedakan menjadi 4. Pertama, neurologi (sistem syaraf). Kedua, neuromusculoskeletal (gangguan otot). Ketiga, kardiovaskular. Dan yang terakhir adalah respirasi seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan cystic fibrosis.

Ada beberapa metode yang biasa diterapkan seperti program latihan antara lain teknik memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan. Ada juga teknik elektroterapi, teknik ini menggunakan alat dengan daya listrik. Selanjutnya ada fisioterapi manual, misalnya pijat, peregangan, pelatihan resistensi tubuh, dan mobilisasi serta manipulasi sendi. Dan yang terakhir ada metode lain misalnya dengan berolahraga.

Selain metode yang lengkap dan spesifik, readers juga bisa melakukan fisioterapi sendiri sesuai kemampuan. Tapi jangan lupa untuk meminta saran kepada fisioterapis untuk menilai kondisi readers sehingga metode yang dilakukan tidak keliru.

Oh iya, lulusan S1 Fisioterapi memiliki peluang kerja yang sangat luas dan tidak terbatas di rumah sakit saja, tapi juga dapat dikembangkan hingga Praktek Mandiri, Home care, lembaga-lembaga khusus bidang olah raga serta cabang-cabangnya.

.

.

.

.

.

http://fisioterapi.umm.ac.id/home.php?lang=id

http://klinikftngawi.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-fisioterapi.html

http://www.alodokter.com/apa-yang-dimaksud-dengan-fisioterapi

Posted in Uncategorized

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.